Wednesday, July 8, 2015

Lima macam gelas

Tanggal: Rabu, 8 Juli 2015
Bacaan : Amsal 8:1-21
Setahun: Mazmur 78-80
Nats: Terimalah didikanku, lebih dari pada perak, dan pengetahuan
       lebih dari pada emas pilihan (Amsal 8:10)


                            LIMA MACAM GELAS

   Sifat manusia di hadapan Tuhan kira-kira dapat digambarkan dengan
   lima macam gelas. Gelas pertama kosong dan terbuka, mewakili orang
   yang merasa miskin di hadapan Tuhan. Gelas kedua terisi setengah dan
   tertutup--orang yang memiliki pengetahuan terbatas, tetapi menutup
   diri. Gelas ketiga terisi penuh dan tertutup--orang yang sebenarnya
   belum tahu, tetapi merasa sudah tahu sehingga menutup diri. Gelas
   keempat retak--orang yang memiliki daya serap sesaat saja. Gelas
   kelima kosong dan tertutup--seorang yang tidak tahu, tetapi menutup
   diri.



   Amsal memberikan wejangan hikmat, yang berisi nasihat dan peringatan
   dari Tuhan untuk kebaikan umat manusia. Hikmat sesungguhnya berada
   dekat dengan manusia. Siapa yang mau mencari, pasti akan
   mendapatkannya. Harga hikmat jauh melebihi harta, emas, dan permata.
   Tidak ada keinginan manusia yang harganya dapat menandingi harga
   hikmat. Hikmat tidak dapat diperoleh dengan mengandalkan harta,
   kuasa, kepandaian, atau jabatan. Hikmat dapat diperoleh dengan
   memiliki hidup yang takut kepada Tuhan, yakni dengan menjauhkan diri
   dari perbuatan jahat, kesombongan, kecongkakan, dan tipu muslihat.



   Pribadi yang sudah ditebus oleh darah Yesus berarti dipulihkan ke
   dalam rancangan Allah yang semula. Pemulihan ini seharusnya membawa
   kita kepada pertobatan yang memampukan kita hidup menurut kehendak
   Allah, tidak mengandalkan dunia. Hidup yang taat kepada Tuhan
   ditandai dengan adanya penyerahan diri, mengakui ketidakberdayaan
   kita di hadapan Allah, dan siap dibentuk oleh-Nya, seperti gelas
   kosong yang siap diisi. --Endang B Lestari/Renungan Harian

                      JADILAH SEPERTI GELAS KOSONG
                 YANG SIAP DIPENUHI HIKMAT DARI TUHAN.

No comments:

Post a Comment

Total Pageviews